Apakah Aman Berenang Pada Saat Pandemi COVID-19?

Asuransi kesehatan- Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang memiliki angka pasien tertinggi Covid-19. Sehingga, pemerintah berkomitmen untuk membatasi ruang gerak masyarakat untuk menghindari kerumunan.

Salah satu upaya yang paling mempengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia adalah penerapan tetap berada di rumah. Dengan demikian tempat wisata bahkan kolam renang juga tutup sejak pemerintah serius menangani penyebaran virus corona.

Situasi yang mengharuskan setiap orang berada di rumah tidak dapat berjalan secara efektif dalam jangka panjang, ada masa ketika masyarakat mulai jenuh dan mulai beraktivitas di luar rumah.

Apalagi bagi mereka yang memiliki anak-anak kecil yang tidak terbiasa dan mudah bosan ketika sehari-hari berada di rumah. Salah satu kegiatan yang biasanya dapat mengobati rasa bosan namun tetap sehat adalah berenang.

Berenang Saat Pandemi?

Akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang timbul mengenai apakah berenang pada saat pandemi aman untuk dilakukan atau tidak. Lantaran sebelumnya tersebar pendapat bahwa virus corona dapat menular di air.

Akibat hal tersebut banyak juga yang menahan keinginannya untuk berenang selama pandemi, namun tak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk membawa keluarga untuk berenang sebagai upaya untuk refreshing.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari satgas penanganan Covid-19 Indonesia ataupun WHO tentang keamanan pada saat berenang di masa pandemi.

Bagaimanapun juga anda perlu berhati-hati dalam memilih tempat untuk berenang, demi kenyamanan dan keamanan sebaiknya hindari kolam renang umum yang dipadati oleh pengunjung.

Sementara orang yang memiliki kolam renang pribadi di rumah mungkin tidak perlu ambil pusing dan tetap bisa rutin berenang sendiri di rumahnya.

Meskipun belum ada pernyataan mengenai keamanan berenang pada saat pandemi, namun berenang di tempat yang ramai oleh kerumunan pengunjung tentunya memiliki resiko penyebaran virus corona.

Hal tersebut disebabkan oleh sulitnya menjaga jarak dengan pengunjung lainnya dan pada saat berenang tentunya anda tidak mengenakan protokol kesehatan seperti masker. Bahkan ada kemungkinan pengunjung lain membuang air liur maupun batuk dan bersin pada saat berenang.

Tips Berenang Agar Aman

Berikut merupakan tips tambahan untuk anda yang ingin berenang dengan aman tanpa takut mengenai penularan corona. Selain menghindari kerumunan agar bisa menjaga jarak, anda dapat menggunakan peralatan pribadi mulai dari kacamata renang dan handuk.

Anda juga tetap mengenakan masker pada saat berada di luar kolam renang serta menyemprotkan disinfektan pada perlengkapan renang anda setelah selesai menggunakannya.

Namun yang  lebih penting adalah pengunjung dan pengelola kolam renang umum juga wajib menaati beberapa aturan untuk meminimalkan penularan COVID-19, baik di area kolam maupun di ruang ganti.

Seperti menjaga kebersihan kolam serta ruang ganti serta memastikan seluruh staff yang bekerja mengelola kolam renang mematuhi protokol kesehatan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai