Apakah Anda Orang Yang Introvert? Ketahui Mitos Tentang Kepribadian Introvert

Asuransi kesehatan- Kepribadian seseorang sering dikategorikan menjadi dua bagian yaitu introvert dan ekstrovert. Pada umumnya orang yang berkepribadian ekstrovert dianggap senang bersosialisasi sementara introvert penyendiri.

Namun selain itu, masih banyak stigma tentang orang yang memiliki kepribadian introvert seperti pemalu, tidak bisa bergaul atau berinteraksi dengan orang lain serta berbagai kebiasaan yang lebih berfokus pada diri sendiri.

Akan tetapi tidak semua stigma tentang orang yang introvert merupakan fakta, berikut merupakan deretan mitos tentang kepribadian introvert untuk anda ketahui.

Mitos Kepribadian Introvert

1. Orang introvert tidak suka bersosialisasi

Orang dengan kepribadian introvert memang lebih senang menyendiri, namun bukan berarti orang introvert tidak suka bersosialisasi. Mereka masih memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik.

Hanya saja porsinya tidak sebanyak yang diluangkan oleh orang ekstrovert. Hal ini disesabkan karena orang ekstrovert merasa lebih bersemangat jika bersama orang lain atau ramai-ramai.

Sehingga orang ekstrovert juga lebih mudah mengungkapkan perasaannya atau curhat dengan orang lain sementara introvert lebih memilih mencurahkan isi harinya dengan orang terdekat saja.

2. Orang introvert pasti pemalu

Meskipun introvert lebih banyak diam namun stigma bahwa mereka adalah pribadi yang sudah pasti pemalu dan kurang percaya diri adalah mitos. Pasalnya banyak juga orang introvert yang bisa berbicara dan berinteraksi dengan orang lain.

Mereka terlihat pemalu karena memilih untuk mengenal seseorang terlebih dahulu sebelum terlibat dalam banyak percakapan , sehingga orang introvert merasa tidak harus berbicara jika tidak perlu. Hal tersebut juga menjadikan kepribadian introvert senang untuk melakukan observasi orang-orang disekitarnya.

3. Orang introvert merasa tidak bahagia

Baik introvert maupun ekstrovert tentunya pernah merasa bahagia, sehingga pengertian tentang orang introvert yang selalu merasa tidak bahagia sudah jelas mitos. Kebahagiaan seseorang tidak dapat diukur dari tipe kepribadiannya saja tapi dapat menerima diri sendiri.

Sifat kepribadiannya yang dingin sering dianggap hal yang perlu diatasi padahal tidak ada yang salah dengan sifat tersebut.

4. Orang introvert berisiko mengalami gangguan mental

Sementara mitos lainnya yang sering dilekatkan pada orang introvert adalah gangguan mental. Stigma yang satu ini merupakan mitos besar yang kerap kali diyakini oleh sebagian besar masyarakat awam.

Pasalnya seseorang dapat saja mengalami gangguan kejiwaan bukan karena kepribadian melainkan psikologis, tingkat stres, gaya hidup dan masalah keluarga.

Agar lebih bijak dalam menganggapi tentang kepribadian anda perlu mengingat bahwa setiap kepribadian itu sendiri bersifat unik dan berbeda-beda, sehingga tidak ada yang perlu disamaratakan.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai