Cara Menghilangkan Abses Kulit Lewat Operasi Abses Kulit

Asuransi kesehatan- Abses kulit merupakan benjolan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya terdapat dibawah permukaan kulit.

Selanjutnya, Abses kulit juga tidak hanya terjadi dibagian kulit tertentu,  melainkan bisa di bagian kulit mana saja.

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh abses kulit biasanya membuat anda ingin memecahkannya sendiri, namun tindakan tersebut tidak disarankan.

Operasi Abses Kulit

Ketika anda mulai mengalami gejala abses kulit, memang pemberian antibiotik bisa meredakan rasa sakitnya, namun anda harus menemui dokter untuk lebih lanjut.

Karena, abses kulit tidak dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga selain memberikan antibiotik perlu dilakukan upaya operasi abses kulit.

Sebelum melakukan operasi, seperti biasa dokter perlu mensterilkan area abses kulit kemudian memberikan bius lokal agar anda tidak merasakan sakit selama operasi.

Setelah bius tersebut diaplikasikan, maka operasi akan dimulai dengan membuat sayatan pada bagian kulit yang memiliki abses untuk mengeluarkan nanah dari dalam.

Untuk menyerap sisa nanah, biasanya bekas sayatan akan dibiarkan terbuka tanpa dijahit dan hanya diberikan pembalut luka.

Untuk kasus kantong abses kulit yang besar, dokter mungkin akan memasukkan kain kasa ke dalam rongga abses agar sisa darah atau nanah terserap hingga bersih.

Kejadian ini mengharuskan anda kembali mengunjungi dokter untuk mengganti kain kasa tersebut agar proses penyembuhannya lebih maksimal.

Jika diperlukan, dokter juga dapat mengirim sampel nanah ke laboratorium untuk mencari tahu jenis mikroorganisme penyebab infeksi.

Perawatan Pasca Operasi

Waktu pemulihan pasca operasi abses kulit berbeda-beda, tergantung pada ukuran kantong abses kulitnya dan kepekaan pasien.

Untuk kasus abses yang besar atau dalam, perban kasa penutup luka sayatan operasi mungkin perlu dipasang selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Jika kondisi luka membaik, dokter akan mengajari Anda cara bagaimana merawat bekas operasi dan mengganti perban di rumah secara mandiri.

Namun, jika anda merasa bahwa bekas operasinya menimbulkan tanda-tanda infeksi seperti kemerahan,bengkak dan demam sebaiknya kunjungi dokter segera.

Karena bisa saja hal tersebut disebabkan oleh Klkomplikasi operasi abses yang kemungkinan besarnya terjadi pada perokok atau orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai