Segudang Manfaat Berenang Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Asuransi kesehatan- Berenang termasuk salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, namun untuk anak-anak harus dalam pengawasan orang tua.

Olahraga ini membutuhkan tenaga yang lebih untuk dapat bergerak di dalam air, bahkan hampir semua otot mulai dari bahun, lengan, pinggang, bokong dan kaki.

Untuk itu, berenang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat-manfaat berenang dapat dilihat di bawah ini.

Manfaat Berenang

1. Meningkatkan Sistem Pernapasan

Berenang secara teratur dapat meningkatkan kekuatan sistem pernapasan dan kardiovaskuler. Sehingga tidak sedikit orang pengidap asma berenang secara rutin.

Selain itu, pada saat berenang juga meningkatkan detakan jantung yang meningkatkan jumlah darah dan oksigen yang bagus untuk kesehatan jantung.

2. Membangun Massa Otot

Sama halnya seperti berlari, olahraga air yang satu ini juga menggerakkan hampir seluruh otot tubuh, bahkan dengan tenaga yang lebih besar.

Sehingga, dengan berenang dapat meningkatkan massa otot lengan atas atau yang biasa disebut trisep dan otot lainnya.

3. Menurunkan Kalori

Membakar kalori dalam tubuh tidak melulu harus dengan mengeluarkan keringat pada saat berlari, namun pada saat berenang anda juga dapat menurunkan kalori.

Bahkan, ketika anda berenang selama 1 jam atau lebih, tergantung seberapa aktif pergerakan anda dapat membakar kurang lebih 500-65- kalori.

4. Tubuh Lebih Santai

Tidak sedikit orang yang memilih berenang sebagai cara untuk menghilangkan stres atau penat pada sela-sela kesibukan kantor atau pekerjaan lainnya.

Bukan hanya orang dewasa, namun kebanyakan anak-anak lebih antusias dan sangat menyukai untuk bermain air di kolam renang.

Tips Agar Termotivasi Untuk Berenang

Untuk menjadikan berenang sebagai olahraga rutin memang membutuhkan komitmen dan pengorbanan yang terkadang menyulitkan.

Tapi, kini anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa tips yang bisa membantu anda agar rutin berenang.

Pertama-tama anda harus menentukan lokasi tempat anda akan berenang, pastinya tempat yang nyaman dan tidak jauh dari rumah.

Ketika melakukan hal ini, anda sudah menyelesaikan satu masalah utama yaitu jarak. Dengan jarak yang relatif dekat dengan rumah tentunya dapat memotivasi untuk berenang.

Kedua adalah anda bisa mengikuti komunitas atau kelas yang disediakan oleh pihak penyedia kolam renang supaya ada ikatan dan pengingat untuk secara rutin berenang.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai