Tenggorokan Kering Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan, Begini Baiknya

Asuransi Kesehatan Terbaik — Saat cuaca sedang dingin atau menjelang musim hujan, tenggorokan rawan kerin dan gatal. Ini hal yang wajar terjadi karena di masa-masa itu udara cenderung kering dan kita rawan mengalami infeksi saluran pernapasan. Tenggorokan menjadi kering juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah kesehatan.

Berikut gangguan kesehatan yang ditandai dengan tenggorokan kering dan cara mengatasinya:

1. Dehidrasi

Rasa kering di tenggorokan bisa menjadi tanda bahwa kita sedang dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, tubuh tidak bisa menghasilkan banyak air liur untuk membasahi mulut dan tenggorokan. Dehidrasi juga bisa menyebabkan hal-hal berikut: mulut kering haus meningkat urin lebih gelap dan lebih sedikit dari biasanya kelelahan pusing.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi hal ini, kita harus meminum air putih atau cairan lebih banyak. Selain itu, hindari konsumsi soda dan minuman berkafein yang justru membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

2. Alergi

Alergi terjadi karena reaksi sistem kekebalan yang berlebihan terhadap zat tertentu, yang biasanya tidak berbahaya. Pemicu alergi bisa berbagai macam seperti rumput, serbuk sari, bulu hewan, atau debu. Ketika sistem kekebalan beraksi dengan pemicu alergi, tubuh melepaskan bahan kimia yang disebut histamin.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala seperti bersin, batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Hidung tersumbat yang menjadi salah satu gejala alergi juga bisa membuat tenggorokan terasa kering dan sakit.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi hal ini, kita harus menghindari pemicu alergi. Kita juga bisa mengontrol gejala alergi dengan cara mengonsumsi antihistamin, dekongestan, atau suntikan alergi.

3. Flu

Flu adalah infeksi umum yang sering disebabkan oleh berbagai virus. Kondisi ini juga bisa membuat tenggorokan terasa kering dan gatal.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi hal ini, kita harus istirahat lebih banyak agar memberi waktu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Kita juga bisa mengatasi flu dengan mengonsumsi cairan hangat seperti teh panas.

4. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan salah stau jenis infeksi yang disbeabkan oleh bakteri. Kondisi ini bisa membuat tenggorokan terasa sakit dan kering. Selain itu, radang tenggorokan juga bisa memicu demam, amandel, dan oembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi hal ini, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Sedangkan ntuk meredakan gejala, kita bisa mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

5. GERD

Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah suatu kondisi yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini bisa memicu berbagai gejala seperti berikut: muncul sensasi terbakar di dada sulit menelan batuk kering. Ketika cairan asam mencapai tenggorokan, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit atau sensasi kering di tenggorokan.

Cara mengatasi:

Untuk menetralkan asam lambung, kita bisa mengonsumsi antasida. Kita juga bisa mengonsumsi obat yang membantu mengurangi dan memblokir produksi asam lambung seperti simetidin atau lansoprazole. Gerd juga bisa kita cegah dengan menjaga berat badan ideal dan menghindari konsumsi makanan yang memicu asam lambung.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai