Perlunya memperhatikan kesehatan pada musim hujan.

Asuransi kesehatan– Pada bergantinya musim yaitu dari musim panas ke musim hujan, bisa di pastikan dari beberapa orang akan mengalami penyakit terlebih kepada anak-anak yang masih di usia balita.

Akan tetapi kebanyakan kepada anak-anak sangat menyukai mandi hujan saat hujan datang, maka demikian peran orang tua sangatlah di butuhkan disini.

Karena pada umumnya anak-anak tidak akan mengerti atau menyadari bahwa akan menimbulkan penyakit.

Berikut Penyakit Yang Biasanya Menyerang Pada Anak

1. Flu

Sakit flu ini yang sering terjadi pada saat musim hujan, bukan anak saja yang bisa terkena penyakit flu, melainkan orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini, apalagi penyakit ini gampang sekali untuk menular.

Penularan bisa saja terjadi saat si pengidap penyakit bersin dan mengeluarkan percikan air liur, gejalanya seperti demam, hidung tersumbat dan batuk.

Meskipun demikian flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun perlu di waspadai flu juga tidak bisa di anggap sepele.

2. Demam Berdarah

Pada saat musim hujan tiba, disinilah kesempatan nyamuk berkembangbiak, apalagi pada genangan air, contohnya seperti di kaleng bekas dan bak yang jarang di bersihkan atau sudah tidak terpakai lagi, sehingga akan memunculkan jentik-jentik pada genangan air.

Apabila terjadi gigitan oleh nyamuk tersebut, itu akan menyebabkan penyakit DBD yaitu Demam Berdarah Dengue.

Berikut gejala DBD pada anak yaitu bintik-bintik merah pada kulit, nyeri di belakang mata, demam tinggi yang mencapai 40° C.

3. Gangguan Pencernaan

Selanjutnya adalah penyakit diare, apabila seseorang terkena penyakit ini biasanya akan di tandai dengan peningkatan Buang Air Besar yang lebih dari 3 kali sehari.

Pemicu hal ini adalah dikarenakan musim hujan hingga mengakibatkan pekarangan rumah menjadi becek dan menjadi lebih kotor dari biasanya, sehingga memungkinkan untuk terkena makanan atau hinggapan lalat yang sebelumnya sudah hinggap di pekarangan tersebut.

Meskipun diare bisa disembuhkan kurang dari satu minggu, namun jika tidak segera ditangani dengan tepat bisa membahayakan kesehatan pada sang anak.

4. Tifus

Demam tifoid atau yang lebih sering dikenal dengan tifus pada anak disebabkan oleh bakteri salmonella typhi.

Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang tidak higienis atau kurang matang, adapun gejalanya seperti nyeri pada perut dan demam tinggi.

Perlu di ketahui untuk penyakit yang satu ini peran orang tua sangatlah penting, orang tua perlu melakukan perawatan pada anak yang sangat serius pada usia sedini mungkin, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

5. Leptospirosis

Untuk penyakit Leptospirosis ini ialah Penyakit yang ditularkan melalui genangan banjir yang sudah tercemar urine hewan yang telah terinfeksi bakteri atau dengan sentuhan langsung dengan air yang tercemar tersebut.

Berikut adalah hewan yang dapat menyebarkan penyakit Leptospirosis, seperti pada hewan tikus, anjing dan hewan ternak seperti pada hewan sapi dan babi.

Adapun gejala awal dari penyakit Leptospirosis adalah nyeri pada otot demam, menggigil, sakit kepala, muntah dan diare.

Sama seperti penyakit pada umumnya, penyakit leptospirosis juga memerlukan penanganan yang serius.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mungkin Anda Menyukai